PERMAINAN SIDEWALK CHALK UNTUK MELATIH PERKEMBANGAN MOTOR KASAR ANAK USIA DINI

Abstract

Perkembangan motorik kasar pada anak-anak sejauh ini belum mampu meningkatkan keterampilan gerakan, kepercayaan diri dan kerjasama yang baik, sehingga perlu adanya permainan yang tepat untuk melatihnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan keterampilan motorik kasar pada anak usia dini sebelum dan sesudah menerapkan thechame sidewalk chalk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Hasil analisis membuktikan bahwa permainan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan motorik untuk anak-anak, salah satunya adalah melalui permainan sidewalk chalk. Permainan sidewalk chalk ini dapat melibatkan anak-anak secara penuh dengan aturan yang ada, sehingga mengharuskan anak melakukan banyak aktivitas fisik sederhana, seperti merangkak. Aktivitas yang dilakukan melalui game ini membantu anak-anak bergerak aktif. Dapat disimpulkan bahwa melalui permainan sidewalk chalk motorik kasar anak dapat berkembang dengan baik.