PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA

Abstract

Penelitian ini bertolak dari kemampuan menghafal al-Qur’an siswa yang beragam di SMA Plus Assalaam Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua, pengaruh kedisiplinan belajar,pengaruh perhatian orangtua terhadap kedisiplinan belajar, dan pengaruh perhatian orangtua dan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan menghafal al-Qur’an. Hipotesis yang diungkapkan adalah semakin tinggi perhatian orangtua dan kedisiplinan belajar, semakin tinggi pula kemampuan menghafal al-Qur’an. Sebaliknya, semakin rendah perhatian orangtua dan kedisiplinan belajar, semakin rendah pula kemampuan menghafal al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah populasi kurang dari 100 yaitu 39 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan perhatian orangtua siswa dikategorikan baik dengan presentasi 73,95%, kedisiplinan belajar dikategorikan baik dengan presentasi 76,93% dan kemampuan menghafal al-Qur’an juga dikategorikan baik ditunjukkan dengan skor 70,43%. Adapun hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan dari perhatian orangtua terhadap kemampuan menghafal al-Quran yang dibuktikan dengan rhitung > rtabel yaitu 0,403 > 0,316. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan dari kedisiplinan belajar terhadap kemampuan menghafal al-Quran yang dibuktikan dengan rhitung > rtabel yaitu 0,404 > 0,316. Hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan dari perhatian orangtua terhadap kedisiplinan belajar yang dibuktikan dengan rhitung > rtabel yaitu 0,340 > 0,316. Hasil uji hipotesis keempat menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari perhatian orangtua dan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan menghafal al-Quran yang dibuktikan dengan rhitung > rtabel yaitu 0,428 > 0,316.