BUDAYA MUTU DAN KINERJA PROFESIONAL DALAM PENDIDIKAN

Abstract

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, Pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Sedangkan tujuan ditetapkannya Standar Nasional Pendidikan adalah untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur, dengan tujuan untuk mengetahui implementasi Budaya Mutu dan Kinerja Profesional, berbagai permasalahan disertai solusi dalam rangka upaya perbaikan dari permasalahan Budaya Mutu dan Kinerja Profesional. Sehingga penelitian ini memiliki manfaat sebagai bahan referensi bagi para pemangku penyelenggara Pendidikan, tentang Budaya Mutu dan Kinerja Profesional. Selain itu penelitian ini diharapkan memberikan dorongan atau motivasi bagi para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan Pendidikan, untuk mampu memprioritaskan Budaya Mutu dan Kinerja Profesional. Penelitian menyimpulkan bahwa budaya mutu dan kinerja profesional dapat meningkatkan capaian mutu secara komprehensif dalam perspektif sistem untuk memudahkan penyelenggara organisasi menjadi mandiri dalam perbaikan mutu secara berkelanjutan. Lebih jauh, membangun budaya mutu adalah tugas profesional dan proporsional dalam sebuah organisasi, apalagi dalam penyelenggaraan pendidikan. Karenanya, tuntutan budaya mutu dan kinerja profesional menjadi sebuah kebutuhan bagi penyelenggara pendidikan untuk menjaga eksistensi organisasinya atau pun mengembangkan organisasinya.