PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IHSAN BALEENDAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survey. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui kuesioner online google form kepada guru Kulliyatul Mu‘allimin al-Islamiyyah, Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan sebanyak 38 orang. Analisis datanya menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana melalui SPSS Versi 23. Hasil analisis dan pengolahan data penelitian menunjukan bahwa penerapan kompensasi berada pada kategori baik dengan nilai 70,30. Kinerja guru berada pada kategori baik dengan nilai 76,29. Hasil uji linearitas menunjukkan bahwa kompensasi dengan kinerja guru tidak terdapat hubungan yang linear, dibuktikan dengan nilai deviation from linearity pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,040 < 0,05. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kompensasi dengan kinerja guru, dibuktikan dengan nilai signifikansi pada taraf 5% sebesar 0,102 > 0,05. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa kompenasi tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, dibuktikan dengan t hitung sebesar 1,678 < t tabel 2,028. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompensasi tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Kesimpulan hasil akhir di atas dapat diartikan bahwa seberapa besar kompensasi yang diberikan tidak akan berpengaruh terhadap kinerja guru, begitupun sebaliknya. Seberapa baik kinerja guru tidak akan berpengaruh terhadap besarnya kompensasi.