PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui: (1) Keterampilan menulis peserta didik sebelum menggunakan media gambar; (2) Keterampilan menulis peserta didiksetelah menggunakan media gambar di kelas III MI Selakopi Kabupaten Bandung Barat pada setiap siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari empat alur berulang yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun alat pengumpul datanya yaitu instrumen unjuk kerja untuk menganalisis keterampilan menulis peserta didik yang dilakukan setiap akhir siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Selakopi Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah peserta didik sebanyak 14 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menulis peserta didik sebelum menggunakan media gambar sebesar 60,26 termasuk pada kategori cukup dan keterampilan menulis peserta didik sesudah menggunakan media gambar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu siklus I sebesar 66,43 termasuk pada kategori cukup, siklus II sebesar 68,59 termasuk kategori pada cukup dan siklus III sebesar 75,17 termasuk kategori baik.