MANAJEMEN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan kepramukaan dalam pembentukan karakter Siswa/i SMPN 14 dan SMPN 22 Kota Bandung. Hal itu karena sejumlah kegiatan kepramukaan memiliki manfaat yang dapat membangun karakter anggota pramuka. Adapun teori yang digunakan dalam tulisan ini adalah teori pengamalan kode kehormatan gerakan pramuka dan kurikulum pramuka, yaitu Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Sementara itu, dalam pembentukan karakter, teori yang digunakan adalah teori kognitif sosial Albert Bandura dan teori motivasi/hirarki kebutuhan Abraham Maslow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (kualitatif research), dengan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan triangulasi. Dari hasil penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa implementasi pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam pembentukan karakter siswa yaitu dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter kedalam materi latihan dan kegiatan kepramukaan diantaranya yang paling dominan adalah melalui latihan baris berbaris (PBB) dan kegiatan perkemahan, selain melalui kegiatan kepramukaan dan materi latihan mingguan yaitu dengan cara pemberian contoh cara berpakaian, pemberian wewenang, metode lomba, dan implementasi dasa darma secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.