MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN SUNNAH

Abstract

Al-Quran dan Sunnah merupakan sumber pedoman hidup dan sumber hukum, yang satu tidak dapat dipisahkan dari lainnya. Sebagai pedoman hidup, alQuran dan Sunnah pun sebagai acuan kaum muslimin dalam hidupnya, tak terkecuali dalam manajemen pendidikan. Manajemen pendidikan adalah ilmu terapan dalam bidang pendidikan yang merupakan rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu. Dalam pelaksanaan manajemen pendidikan tersebut, dilakukan beberapa pendekatan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi manajemen pendidikan dalam perspektif al-Quran dan Sunnah dengan metode kualitatif dan pendekatan studi literatur.