PENERAPAN PROGRAM KUNJUNGAN RUMAH DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan sejak jenjang pendidikan dasar sampai ke perguruan tinggi. Pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan di tingkat sekolah dasar dengan pembelajaran daring memang dirasakan belum begitu optimal dikarenakan kendala tidak semua siswa yang memiliki media telepon genggam. Di samping itu, kendala jaringan komunikasi juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program kunjungan rumah yang dilaksanakan guru bahasa Indonesia ada beberapa tahap yaitu tahap observasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut.