Pelaksanaan Desentralisasi Pendidikan Nasional dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam

Abstract

Desentralisasi adalah proses pendelegasian atau pelimpahan kekuasaan atau wewenang dari pimpinan atau atasan ke tingkat bawahan dalam organisasi. Kewenangan pengelolaan pendidikan berubah dari sistem sentralisasi ke sistem desentralisasi. Desentralisasi pendidikan berarti terjadinya pelimpahan kekuasaan dan wewenang yang lebih luas kepada daerah untuk membuat perencanaan dan mengambil keputusannya sendiri dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang dikerjakan mulai dari pengumpulan data, informasi, dan berbagai macam data-data lainnya yang diambil dari kepustakaan. Dapat dikatakan bahwa implikasi desentralisasi pendidikan terhadap pendidikan Islam belum begitu signifikan, karena pembangunan pendidikan Islam belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah atau pemerintah kota sehingga tidak dianggarkan secara khusus dalam APBD. Kata Kunci: Desentralisasi Pendidikan, Implikasi, Pengembangan Pendidikan Islam Decentralization is the process of delegating or delegating power or authority from leaders or superiors to lower levels in the organization. The education management authority changed from a centralized system to a decentralized system. Decentralization of education means the transfer of power and broader authority to regions to make plans and make their own decisions in overcoming problems faced by education. This research is a type of library research (library research). Library research is research that is carried out starting from collecting data, information, and various other data taken from the library. It can be said that the implications of decentralization of education on Islamic education are not yet significant, because the development of Islamic education has not received special attention from the local government or city government so that it is not budgeted specifically in the APBD. Keywords: Education Decentralization, Implications, Development Islamic education