PENGARUH INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTsN 7 HULU SUNGAI UTARA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 7 Hulu Sungai Utara yang belum memuaskan, hal ini diduga karena interaksi guru dan siswa yang masih kurang aktif atau kurang percaya diri ketika berinteraksi dengan guru sehingga terjadi kurang adanya keakraban dari guru dan siswa terhadap perhatian materi fikih yang mengakibatkan hasil belajar fikih masih belum maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 140 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu teknik sampling yang digunakan oleh peneliti jika peneliti mempunyai kriteria tertentu, dalam hal ini yang menjadi sampel adalah kelas yang memiliki nilai hasil belajar fikih dibawah KKM yakni di bawah nilai 70 yang berjumlah 57 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumenter dan angket. Data diolah dengan teknik editing, koding, skoring, tabulating dan interpretasi data serta menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) interaksi guru dan siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 7 Hulu Sungai Utara masuk dalam kriteria cukup baik dengan hasil rata-rata 41,19. (2) Tidak terdapat pengaruh antara interaksi guru dan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 7 Hulu Sungai Utara yakni sebesar 0,0846 dan berada pada kriteria sangat rendah. (3) Tidak terdapat signifikansi pengaruh antara interaksi guru dan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTsN 7 Hulu Sungai Utara, yang ditunjukan dengan nilai r koefisien korelasi product moment (0,0846) kurang dari rt taraf 5 % (0,2201) dan 1 % (0,3074) dan hipotesis ditolak.