Pembelajaran Biologi Terkait Materi Bakteri Probiotik dalam Pencernaan Manusia Menggunakan Model Bersiklus

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pembelajaran biologi terkait materi bakteri probiotik dalam pencernaan manusia menggunakan model bersiklus. Model siklus belajar berorientasi pada peristiwa alami, saling berhubungan, atau prinsip-prinsip yang melibatkan beberapa konsep. Sedangkan probiotik bisa disebut sebagai makanan suplemen yang memberikan manfaat bagi induk semangnya (tubuh manusia) untuk meningkatkan hubungan keseimbangan microbial dalam usus.  Fokus penelitian adalah ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran siklus terkait materi bakteri probiotik terhadap tingkat pemahatan atas materi. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yang digunakan meliputi pengujian independensi. Pengujian independensi dilakukan dengan bantuan suatu tabel kontinjensi. Pengujian digunakan karena variabel pertama dan kedua terdiri dari sejumlah kategori. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran bersiklus pada materi bakteri probiotik berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan khai-kuadrat adalah 30,2778. Artinya, nilai tersebut lebih besar daripada nilai khai-kuadrat dalam tabel. dengan demikian, hipotesis nihil ditolak sedangkan hipotesis alternative diterima. Ternyata, model pembelajaran siklus pada materi bakteri probiotik berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa atas materi.