ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERIPIK TEMPE AZZAHRA DESA SUMBER RAHAYU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh usaha keripik tempe Az-Zahra Sumber Rahayu dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini memgunakan teori marketing mix 4P dan terori marketing syariah. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari pemilik dan karyawan usaha kripik tempe azzahra sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, buku dan literatur yang berkaitan dengan teori marketing mix 4P dan marketing syariah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan usaha keripik tempe Azzahra menggunakan prinsip marketing mix 4P yaitu product, place, promotion, dan price.  Dengan menawarkan banyak varian rasa produk, harga yang terjangkau, lokasi strategis dan sistem promosi yang memanfaatkan media online seperti facebook, whatsapp, maupun youtube. Sementara ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, telah sesuai dengan empat karakteristiknya yaitu, Ketuhanan (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-waqiyyah), Humanistis (Al-insaniyyah).