Pengembangan Media Pembelajaran Historical Heritage Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas IV Muhammadiyah Karangploso
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu, mengembangkan, mengetahui kelayakan serta efektivitas pengembangan media pembelajaran Historical Heritage berbasis STEMĀ untuk meningkatkan literasi dasar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan (RnD) dengan model ADDIE (Robert Maribe Brach). Menghasilkan bahwa pertama, Media pembelajaran Historical Heritage memperoleh hasil 88,19 (sangat baik) oleh ahli media, penilaian guru kelas IV 98,43 (sangat baik), Penilaian siswa uji lapangan utama dan operasional adalah 90,90 (sangat baik) . Hasil rata-rata media mendapat skor 88,19 (sangat baik). Kedua, pengembangan media Historical Heritage layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dikelas IV SD. Ketiga, media Historical Heritage dapat dilihat dari uji t-test (13,910) > ttabel (2,045) p0,000<0,05 sehingga sig.0,000<0,05,tolak H0, Maka produk dikembangkan efektif.