Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum 2013 Kelas II SD

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui agar penulis dapat mengetahui dengan pasti, fenomena dan fakta apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Dalam hal ini, penulis terjun di SD 17 Kepahiang, dengan subjek dan objek penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini disebut dengan penelitian lapangan karena menurut, penelitian lapangan berarti penulis terjun langsung kelapangan dan terlibat langsung dengan masyarakat setempat. Adapun hasil yang penulis temukan adalah integrasi kurikulum pendidikan  agama karena dalam kurikulum pendidikan juga memiliki nilai-nilai pendidikan agama Islam pada kurikulum 2013 di mana dalam pembelajaran agama terdapat pembelajaran yang mengajarkan siswa memiliki karakter yang baik seperti tolong menolong antar individu maupun kelompok, menghormati orang tua dengan berturur kata yang baik, memiliki rasa amanah ketika diberikan kepercayaan, misalnya pada saat siswa diperintahkan untuk menjaga buku pembelajaran dengan baik yang diberikan oleh pihak sekolah, mampu membiasakan siswa melaksanakan kewajiban beribadah dengan baik. hal ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan agama pada kurikulum 2013 dapat diterapkan bagi peserta didik dalam kehidupannya.