Solusi Terhadap Problematika PAI di Sekolah: Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya berbagai macam problematika pendidikan agama Islam di sekolah dalam mencetak pembelajaran yang bermutu. Untuk itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematika pendidikan agama Islam di sekolah dan solusi terhadap problematika tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan meode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: Problematika yang dialami dalam proses pembelajaran di SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu: kurangnya pemahaman peserta didik mengenai materi yang diajarkan, kurangnya dorongan belajar peserta didik, terdapat banyak peserta didik belum mahir membaca Al-Qur’an dengan fasih sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, malas melaksanakan sholat fardlu dengan rutin, guru pendidikan agama Islam kurang kreatif dalam penggunaan berbagai macam metode, kurang cakap dalam menentukan dan menggunakan media pelajaran, dan kurangnya motivasi dari orang tua. Sedangkan Solusi terhadap problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu: guru harus menciptakan kelas yang aktif, kreatif, serta  bisa membawa peserta didiknya untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan penuh semangat. Selain guru, orang tua juga harus memotivasi anak-anaknya agar pemberantasan masalah tersebut segera terselesaikan. Dengan adanya riset ini dapat memberikan pemahaman bahwa setiap sekolah masih terdapat berbagai problematika pembelajaran PAI dan diharapkan riset ini dilanjutkan karena riset ini belum bisa memberantas seluruh problematika serta perlu dikaji kembali agar problematika-problematika PAI di sekolah segera terselesaikan.