Peran Manajemen Pendidikan Islam dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Masyarakat

Abstract

Jurnal ini mengkaji mengenai peran manajemen pendidikan Islam dalam pengembangan lembaga pendidikan dan masyarakat. Pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan dalam kajian ini dan jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kepustakaan (library research) serta 3M merupakan teknik pengumpulan data yang dipakai yakni mencatat, menganalisis, dan mengkritisi. Hasil temuan yang diperoleh adalah peran manajemen pendidikan Islam pada lembaga pendidikanapat di tinjau dari beberapa aspek, yaitu pada manajemen kurikulum, peserta didik, personalia, sarana dan prasarana, manajemen administrasi, keuangan, dan humas. Sedangkan peran manajemen dalam pengembangan masyarakat dapat ditinjau dari metode pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik dalam menanamkan nilai toleransi pada setiap peserta didik untuk menyikapi keberagaman yang ada pada lingkungan masyarakat serta keberadaan peneliti profesional yang memilliki kontribusi dalam menghasilkan karya yang dapat membangun bangsa melalui pendidikan, dan memiliki pengetahuan mengenai manageria dan leadership dalam menjadi konsultan pendidikan.