Studi Komparatif Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Barat

Abstract

Abstract: The purpose of this paper is to examine the three schools of Islamic educational philosophy and the main schools of western educational philosophy. The method in this study uses an approach that requires a reference library (library research) with original information used in the form of books, journals, and related sources. The data collection is carried out in the form of a documentation method by presenting the data and concluding it. The result of the research is that there are three schools of Islamic educational philosophy. These schools are religious-conservative schools represented by Imam Ghazali, rational-religious schools represented by the Ikhawanus Shafa group, and pragmatic-instrumental schools represented by Ibn Khaldun. There are four main streams of western education philosophy, namely progressivism, essentialism, perennialism, and reconstructionism.   Abstrak: Tujuan penulisan ini adalah untuk menelaah tentang tiga aliran filsafat pendidikan Islam dan aliran-aliran utama dari filsafat pendidikan barat. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang membutuhkan pustaka acuan (library research) dengan informasi asal yang digunakan berupa buku, jurnal, serta sumber-sumber terkait. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu berupa metode dokumentasi dengan cara menyajikan data dan menyimpulkannya. Hasil dari penelitian adalah bahwa terdapat tiga aliran dari filsafat pendidikan Islam. Aliran-aliran tersebut ialah aliran .religius-konservatif yang diwakilkan Imam Ghazali, aliran religius-rasional yang diwakilkan kelompok Ikhawanus Shafa, dan aliran pragmatis-instrumental diwakili oleh Ibnu Khaldun. Adapun dalam aliran filsafat pendidikan barat terdapat empat aliran utama yaitu progresivisme, esensialisme, perenialisme, dan rekonstuksionisme.