Penerapan Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyyah Terpadu An Nur Buuts

Abstract

Artikel ini membahas tentang penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan  kecerdasan emosional peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Terpadu An Nur Buuts. Penelitian  ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari data sekunder dan primer, yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di Madrasah Ibtidaiyyah Terpadu An Nur Buuts yaitu yang paling utama adalah melalui pembiasaan dan keteladan melalui kegiatan yaitu; ucapkan salam sebelum masuk kelas dan bersalaman dengan guru-guru di kelas, berdoa sebelum dan sesudah belajar, membaca asmaul husna, murajaah juz 30, mengikuti proses pembelajaran dengan penuh semangat, antre pada saat berwuhdu, melaksanakan shalat dhuha di kelas masing-masing yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik, makan bersama dan berbagi menu makanan, merapikan bekal dan membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan shalat dzuhur secara berjamaah di kelas yang imamnya dari peserta didik itu sendiri dan bacaan yang dibaca yaitu dari hafalan yang baru mereka hafal, dari  kelas 1 mereka semua sudah hafal bacaan-bacaan shalat, mulai dari niat sampai zikir dan doa setelah shalat dan mereka saling memotivasi untuk menambah hafalan dan murajaah bersama-sama, mereka juga mengerjakan tugas dengan disiplin dan penuh tanggung jawab serta menghargai guru dan teman-teman. Dari berbagai pembiasaan yang dilakukan guru tersebut maka peserta didik  Madrasah Ibtidaiyyah Terpadu An Nur Buuts mampu untuk mengenali emosi sendiri, mengelolah emosi, memotivasi dirinya sendiri dan mampu mengenali emosi orang lain dan dapat membina hubungan baik dengan guru-guru dan teman-teman.