ANALISIS KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TANDA BACA PADA TEKS NARASI PADA SISWA KELAS V SDN 2 PETOBO KECEMATAN PALU SELATAN

Abstract

Penelitian ini dilakukan merupakan analisis terhadap penggunaan tanda baca , khususnya bentuk penggunaan tanda baca titik, tanda baca koma, dan tanda baca tanya. Bentuk penggunaan tanda baca tersebut dianalisis dari tek narasi yang dikerjakan oleh siswa kelas V SDN 2 Petobo kecematan Palu selatan. Tujuan dari penelitian ini untuk medeskribsikan bentuk penggunaan tanda baca titik, tanda baca koma, dan tanda baca tanya pada teks narasi yang dikerjakan oleh  siswa dan juga merupakan bentuk penggambaran kemampuan siswa kelas V SDN 2 Petobo dalam penggunaaan tanda baca pada teks narasi. Setelah semua tahap penelitian ini dilaksanakan , hasil dari penelitian  yaitu : pertama, berdasark Dari hasil tes yang dilakukan penulis bahwa terdapat 7 siswa  telah memperoleh skor diatas KKM dengan perolehan skor tertinggi 26 dan sebanyak 17 siswa lainya memperoleh skor dibawah KKM dengan skor yang diraih yang terendah 7, dan Dari hasil tes kedua yang dilakukan penulis bahwa, terdapat 14 siswa  telah memperoleh skor diatas KKM dengan perolehan skor tertinggi 28 dan sebanyak 10 siswa lainya memperoleh skor dibawah KKM dengan skor yang diraih yang terendah 15. kedua, bentuk penggunaan tanda baca titik yang ditemukan dalam lembar tugas melengkapi teks narasi 1. dipakai diakhir kalimat pernyataan. 2. dipakai dipertengahan kalimat. 3. dipakai diakhir kalimat tanya., 4 dipakai diakhir kalimat seruan . ketiga, bentuk penggunaan tanda baca koma yaitu: 1. dioakai diakhir kalimat pernyataan, 2. dipakai dipertengahan kalimat. Keemapat bentuk penggunaan tanda baca tanya yaitu: 1. dipakai diakhir kalimat pernyataan.