UPAYA PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstrak: Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi pada pelajaran matematika dan yang kedua apa faktor pendukung dan penghambat dalam memanfaatkan media pembelajaran tiga dimensi pada pelajaran matematika di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Toli-Toli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik lebih mudah memahami materi pelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang. Pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi sebagai sumber pengajaran dapat membantu peningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika, pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi sebagai alat bantu mengajar sangat memudahkan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi dapat mempermudah seorang guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan peserta didik tidak bingung terkait dengan materi yang dipelajarinya. dalam hal ini bahwa pemanfaatan media tersebut sebagai sumber pengajaran dapat memberikan dampak yang positif bagi peserta didik. Faktor pendukung dalam pemanfaatan media pembelajaran tiga dimensi sebagai sumber pengajaran yaitu lengkapnya media pembelajaran tersebut di sekolah. Kesesuaian antara materi yang ingin diajarkan dengan media pembelajaran yang ingin dimanfaatkan sebagai sumber pengajaran dan media tersebut dapat dibuat sendiri oleh seorang guru. Faktor penghambatnya yaitu proses pembuatan media pembelajatan tersebut memerlukan waktu yang cukup lama. Implikasi penelitian adalah sebaiknya guru dapat terus menerus memanfaatkan media pembelajaran tiga dimensi sebagai sumber pengajaran pada materi-materi yang memang memerlukan media sebagai alat bantu mengajar karena dengan dimanfaatkannya media tersebut peserta didik menjadi lebih mudah memahami materi dan peserta didik menghayal dengan materi-materi yang disampaikan.