Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Yang Berprofesi Sebagai Guru Paud Terhadap Perkembangan Emosi Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang berprofesi sebagai guru PAUD di sekecamatan Pameungpeuk, untuk mengetahui perkembangan emosi anak PAUD yang orang tuanya berprofesi sebagai guru PAUD. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Lalu hasil dari isian angket tersebut diolah dengan menganalisis menggunakan teknik analisis rank Spearman yaitu untuk mencari korelasi dari pola asuh orang tua yang berprofesi sebagai guru PAUD terhadap perkembangan emosi anak. Kesimpulan yang penulis ambil ialah bahwa pola asuh demokratis lebih dipilih oleh orang tua dengan nilai 3,49 dibanding pola asuh permisif dengan nilai 1,83. Perkembangan emosi anak pun berada pada nilai 3,63 dengan indikator hubungan antar pribadi sedangkan indikator sikap asertif dan aktualisasi diri terdapat pada interval 1,84 – 2,67 yang berarti kedua indikator tersebut dinilai rendah. Maka 85% perkembangan emosi anak dipengaruhi oleh pekerjaan orang tuanya yaitu sebagai guru PAUD.