PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR BAHASA ARAB

Abstract

Teknologi informasi merupakan serangkaian tahapan penaganan informasi, yang meliputi penciptaaan, seleksi, penyimpanan dan penggunaan informasi dengan menggunakan seperangkat komputer dan sistem jaringan serta teknologi telekomunikasi. Ruang lingkup teknologi informasi pada enam teknologi yaitu: a) teknologi komunikasi (communication technology), b) teknologi masukan (input technology), c) teknologi keluaran (output technology), d) teknologi perangkat lunak (software technology), e) teknologi penyimpanan (storage technology),  f) teknologi mesin pemroses (processing machine) atau CPU. Teknologi informasi memiliki peran dan manfaat dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi pekerjaan dalam berbagai aspek kehidupan.Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran antara lain ditandai dengan adanya interaksi antara pengajar dan peserta didik melalui teknologi internet, adanya bahan ajar yang sudah terprogram, pengajar berperan sebagai fasilitator dan adanya fleksibilitas dalam proses pembelajaran baik dari segi waktu maupun tempat.Kehadiran teknologi informasi memberi angin segar yang bisa mengatasi masalah-masalah belajar bahasa Arab. Peningkatan keterampilan berbahasa yang mencakup menyimak, berbicara, membaca dan menulis dapat dilakukan melalui proses pembelajaran berbasis teknologi komputer dan memanfaatkan teknologi telekomunikasi. Di sini guru dituntut untuk melek teknologi sehingga dapat memanfaatkannya untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik dan meningkatkan minat peserta didik serta kualitas pembelajaran.Perkembangan teknologi informasi setidaknya telah memberi dampak positif dalam dunia pembelajaran termasuk pembelajaran bahasa Arab. Mengelola bahan ajar menjadi lebih mudah dan menarik berkat adanya teknologi informasi. Tinggal bagaimana guru dan peserta didik dapat memanfaatkan teknologi tersebut.