Analisis Buku Teks "Aku Cinta Bahasa Arab" untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas V Terbitan Tiga Serangkai
Abstract
ABSTRAKBuku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkaiadalah salah satu buku yang digunakan sekolah-sekolah Madrasah Ibtidaiyah di Palangkaraya. Penyusunan buku teks yang dilakukan dengan cermat dan tepat sangatlah penting untuk dilakukan. Penyusunan buku teks yang tidak didasarkan pada aspek-aspek buku teks yang baik akan sangat merugikan para siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana tingkat kelayakan isi/materi buku “Aku Cinta bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah kelas V” Penerbit Tiga Serangkai. 2) Bagaimana tingkat kelayakan penyajian buku “Aku Cinta bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah kelas V” Penerbit Tiga Serangkai.3) Bagaimana tingkat kelayakan bahasa buku “Aku Cinta bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyyah kelas V” Penerbit Tiga Serangkai. Dan adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai dari aspek kelayakan isi. 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai dari aspek kelayakan penyajian. 3) Untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai dari aspek kelayakan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif-kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan dokumentasi dan analisisdata menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan sistematis, obyektif dan kuantitatif. Analisis isi (content analysis) merupakan sebuah metode penelitian terhadap sebuah teks tanpa harus meminta pendapat penulis buku maupun pembaca buku.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kelayakan isi dalam Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai sangat layak digunakan jika dilihat dari kesesuaian uraian dengan materi kompetensi isi (KI) dan kompetensi dasar (KD), keakuratan materi, kemutakhiran materi, kesesuaian budaya, latihan dan evaluasi, dan pengayaan. Presentase skor kelayakan isi pada buku ini yaitu 91,65%. 2) Kelayakan penyajian dalam Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai sangat layak digunakan jika dilihat dari teknik penyajian, pendukung penyajian, strategi penyajian materi pembelajaran, dan koherensi dan keruntutan alur pikir. Presentase skor kelayakan isi pada buku ini yaitu 87,85%. 3)Kelayakan bahasa dalam Buku “Aku Cinta Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Kelas V” Penerbit: Tiga serangkai sangat layak digunakan jika dilihat dari keakuratan, komunikatif, kesesuaian kaidah bahasa, dan kesesuaian perkembangan peserta didik. Presentase skor kelayakan isi pada buku ini yaitu 100%.Kata kunci : Analisis, Kelayakan isi, penyajian, bahasa