تطبيق طريقة المباشرة فى تعليم اللغة العربية لطلاب الفصل الحادى عشر فى مدرسة هداية الإنسان فى تعليم الدّين الثانوية بالنكارايا

Abstract

ABSTRAK Peran seorang guru sangatlah penting dalam pembelajaran. Guru berperan penting dalam memilih metode pembelajaran yang akan digunakan dalam pengajaran. Pada penelitian ini, penulis ingin mengangkat tentang Direct Method atau metode langsung yang digunakan oleh guru bidang bahasa Arab dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Adapun rumusan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana guru menerapkan penerapan metode ath-thariqah al-mubasyarah dalam pengajaran bahasa arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya? 2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Ath-thariqah al-mubasyarah dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya?. Dan adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Ath-thariqah al-mubasyarah Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya. 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Ath-thariqah al-mubasyarah Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dan peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mengetahui penerapan Ath-thariqah al-mubasyarah Dalam Pengajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya. Dokumentasi pada penelitian ini mencakup data dari dokumen-dokumen atau arsip-arsip yang ada di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode ath-thariqah al-mubasyarah dalam pengajaran bahasa arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Hidayatul Insan Fi Ta’limiddin Palangka Raya yaitu: 1) Kemampuan guru dalam menentukan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan bahan pelajaran. 2) Penggunaan bahasa Arab dalam pembelajaran. Adapun faktor pendukung siswa dan guru yaitu beberapa kelebihan yang terdapat dalam siswa dan guru serta manfaat dari kegiatan bahasa Arab siswa di madrasah. Sedangkan faktor penghambat siswa dan guru yaitu keterbatasan kosakata siswa maupun fasilitas. Kata kunci : Penerapan, Metode Ath-Thariqah Al-Mubasyarah