Kinerja Pengawas Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 dan Dampaknya pada Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap tata kelola manajemen dalam pelaksanaan pengawasan di sekoklah dasar pada Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya. Fokus masalah yang dibahas yaitu: Bagaimana kinerja pengawas pada masa pandemi covid dampaknya terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Metode penulisan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui studi dokumen dan wawancara. Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi reduksi data, paparan data dan verivikasi serta triangulasi. Hasil Penelitian  menunjukan bahwa pada masa pandemi covid-19 tugas kepengawasan menggunakan dua metode yaitu metode direct dan indirect. Untuk menjaga dan mengembangakan mutu, kepala sekolah dan guru megitu bimtek online, pelatihan online, workshop online. Pengawasan online mampu memberikan layanan kepada kepala sekolah, guru kapanpun dan dimanapun serta dapat mengembangakan skil kepala seloalah dalam memanaj dan guru dalam mengajar. Dukungan dari pemerintah melalui kemendikbud serta Pengawas kepala sekolah dan guru bersama-sama melaksanakan tugasnya dengan baik degan kejasama yang baik pula.