Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ini merupakan salah satu langkah untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang tentunya akan berimbas pula pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X-2 Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Yayasan Ahmad Djuwaeni Kota Sukabumi. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian mengacu pada teori PTK menurut model Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil dari penelitian ini adalah meningkat pada setiap siklusnya. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes siklus harian dari siklus I yaitu 62 dengan nilai rata-rata hasil tes siklus harian dari siklus II yaitu 68 terlihat adanya peningkatan sebesar 6. Begitu juga dengan melihat nilai rata-rata hasil tes siklus harian dari siklus III yaitu 79 terjadi peningkatan sebesar 7. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X.2 MAS YAD Kota Sukabumi