JUAL BELI ONLINE PERSPEKTIF ULAMA FIKIH MAJENE

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi berkembang pesat dari waktu ke waktu sehingga gaya hidup masyarakat juga berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih menyebabkan masyarakat mengikuti gaya hidup yang modern, di mana masyarakat dapat melakukan transaksi jual beli yang dahulu sering terjadi di pasar maupun supermarket dan hingga saat ini jual beli telah muncul dalam bentuk transaksi jual beli online yang menggunakan handphone dan bantuan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelebihan dan kekurangan jual beli online serta menemukan perspektif ulama Kabupaten Majene tentang jual beli online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan dengan berupaya menjabarkan data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut diambil kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Kecamatan Banggae Kabupaten Majene dan narasumber merupakan ulama fiqh yang berdomisili di Kecamatan Banggae atau bekerja di salah satu Instansi yang berada di Kabupaten Majene.Hasil penelitian yang diperoleh bahwa berdasarkan perspektif ulama Kecamatan Banggae Kabupaten Majene tentang jual beli online, bahwa ulama Kecamatan Banggae Kabupaten Majene berpendapat jual beli online hukumnya mubah atau dibolehkan selama berjalan sesuai dengan aturan-aturan jual beli dalam Islam serta tidak memiliki unsur-unsur yang dapat membatalkan suatu transaksi jual beli menurut Islam. REFERENCES Abdurahman, dkk. (2010). Fiqih Muamalah, Jakarta: Prenada Media Group. Akbar Setiadi, Dkk, (2009). Metododologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara Al-Fauzan Saleh, (2005). Fikih Sehari-hari, Jakarta: Gema Inani Press, Anwar Syaifuddin, (2001). Metode Penelitia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Baits, Nur Ammi. (2018). Pengantar Permodalan Dalam Islam, Jogjakarta: Pustaka Muamalah Jogja, Baits, Nur Ammi. (2019). Pasar Muslim dan Dunia Makelar, Jogjakarta: Pustaka Muamalah Jogja, Baits, Nur Ammi. (2020). Pengantar Kaidah Fiqih Kubro dan Penerapannya Dalam Fiqh Muamalah, Jogjakarta: Pustaka Muamalah Jogja. Baits, Nur Ammi. (2021). Halal Haram Bisnis Online, Jogjakarta: Muamalah Publishing. Basyir, Ahmad Azhar, (1982). Asas-Asas Hukum Muamalat, Yogyakarta: UII Pres, Bakti, Muhammad Nur, (2015).Majene dalam Angka Majene In Figures Majene: Badan Pusat Statistik Kabupaten Majene. Davies Leslie, dkk, (1999). Kamus Lengkap Ekonomi, Jakarta: Erlangga, Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: CV Pustaka Setia. Diana Anastasia, (2001). Mengenal E-Business, Yogyakarta: Andi Offset. Ghazaly, Abdul Rahman, (2010). Fiqh Muamalat, Jakarta: Kencana. Haeron Nasrun. (2007). Fikih Muamalah, Jakarta: Gaya Media Pratama Jakarta. Ikid, Dkk. (2018). Jual Beli Dalam Perspektif Ekonomi Islam, Yogyakarta: Penerbit Gava Media. Edwin, Mustafa, Dkk. (2009). Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Jakarta. Kencana. Faisal, Sanapia. (2000). Penelitian Kualitatif, Dasar-Dasar dan Aplikasi, Malang: Yayasan Asih Asah Asuh, Hasan, Akhmad Farroh. (2018). Fikih Muamalah Dari Klasik Hingga Kontemporer, Malang: UIN Malang Press.  Hasanuddin M, OniSahroni, (2020). Fikih Muamalah Teori Dinamika Akad dan Implementasinya dalam Ekonomi Syariah, Cet. IV; Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Hasan M. Ali, (2003). Berbagai Macam Transaksi dalam Islam, Fiqih Muamalah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Husain dan Setiady Akbar. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Cet. II; Jakarta: PT. Bumi Aksara http://eprints.ums.ac.id/27087/ http://almanhaj.or.id/9478-muamalah-dengan -0rang-kafir.hml. http://humas.majenekab.go.id/profil-majene/             Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro, • Mawardi Djalaluddin, (2021). Ulama Kabupaten Majene, Wawancara, Majene 05 Juli. Maxmanroe, “3 Jenis Transaksi Jual Beli Online Terpopuler di Indonesia”, Blog Maxmanroe. https://www.maxmanroe.com/2014/01/ 3-jenis-transaksi-jual-beli-online-terpopuler-di indonesia. html Meleong Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT. Rosda Karya, Muhajir Neong, (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Serasin. Muslich, Akmad Wahid, (2017). Fikih Muamalah, Cet. IV; Jakarta: Amzah, Nasution, (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung:  Bumi Aksara. Nazir Moh, (2005). Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, Peraturan Mahkamah Agung RI No. 2 Tahun 2008, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES), Buku II Rasjid Solaeman, (2007). Fiqih Islam, Bandung, Sinar Baru Algesindo, Rifa’i Moh. Terj Khulasoh al-Ahyar, Semarang: CV. Toha Putra.tt. Romndhon Riski Muhammad. (2015). Jual Beli Online Menurut Mazhab Syafi’i, Surabaya: CV. Garuma Mas Sejahtera. Saifulloh, Moh. (2005). Fiqi h Islam Lengkap, Surabaya. Terbit Terang. Sinaga Ali Imran, Nurhayati, (2019). Fiqh & Ushul Fiqh, Cet. II; Jakarta: Pranamedia Group. Shidiq Sapiudin, (2019). Fikih Kontemporer, Cet. III; Jakarta: Prena Media Group, Soemitra Andri, (2021). Hukum Ekonomi Syariah dan Fikih Muamalah di Lembaga Keuangan dan Bisnis Kontemporer, Cet.II; Jakarta: Kencana. Sudijono Anas, (2005). Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D) Cet. XIV; Bandung: Alfabeta. Suhendi Hendi, (2010). Fiqh Muamalah, Cet. VI; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Suryawati Siti Hajar. (2021). Analisis Potensi dan Peran Sektor Perikanan di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, Makassar UNHAS. Syafe’i, Rahmat. (2001). Fiqh Muamalah. Cet. X; Bandung; CV Pustaka Setia. www.majenekab.go.id