PERBEDAAN PROSES PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN THINK PAIR SQUARE SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang Perbedaan Hasil Belajar Konsep Fluida Statis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Think Pair Square Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Think Pair Square terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X pada konsep Fluida Statis di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Populasi penelitian ini dalah seluruh siswa kelas X.IA SMA Negeri 4 Banda Aceh. Sedangkan untuk menentukan sampel digunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sehingga sampel penelitian ini adalah kelas X.IA 5 yang berjumlah 30 orang (kelas eksperimen 1) dan kelas X.IA 2 yang berjumlah 30 orang (kelas eksperimen 2). Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan statistik uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung < ttabel = -0,55 < 2,002 maka Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dengan model pembelajaran Think Pair Square pada mata pelajaran Fisika konsep Fluida Statis di kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015.