Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Inovasi Madu Kelulut di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur

Abstract

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Madu Kelulut Di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur (Dibimbing oleh Evahelda dan Rati Purwasih). Madu kelulut merupakan hasil madu dari lebah Trigona sp. Madu kelulut mudah untuk dibudidayakan. Hal ini dikarenakan lebah madu kelulut yang tidak memiliki sengat (Stingless bee) sehingga aman untuk dibudidayakan di sekitaran lingkungan rumah, perkebunan dan pemanfaatan lahan kosong.  Setiap konsumen memiliki pola perilaku konsumsi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebagai produsen supaya dapat menjual produk yang dipasarkan sampai ke pembeli perlu melakukan pendekatan terhadap konsumen dan perilakunya. Sangat penting bagi produsen untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran produk, harga, distribusi, promosi terhadap keputusan pembelian konsumen terutama dalam persaingan produk madu kelulut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bauran pemasaran madu kelulut di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur, (2) Menganalisis pengambilan keputusan pembelian madu kelulut oleh konsumen di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur, Penelitian dilakukan di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik responden meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pekerjaan. Bauran pemasaran di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur telah dikategorikan baik. Proses pengambilan keputusan pembelian madu kelulut melalui lima tahapan yaitu, pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, tindakan pembelian, dan pengkonsumsian produk.