Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkoll Videoscribe
Abstract
Video pembelajaran yang dibuat secara khusus dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif. Video pembelajaran cenderung jelas dan lebih mudah dipahami karena didukung dengan aspek audio dan visual. Asumsi tersebut didukung dengan banyaknya software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Video pembelajaran seperti Sparkoll Videoscribe. Sparkoll Videoscribe merupakan sebuah software yang menggabungkan beberapa rangkaian gambar menjadi sebuah video animasi. Sparkoll Videoscribe menyajikan konten pembelajaran dengan memadukan gambar, suara, dan desain yang menarik sehingga siswa mampu menikmati proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran matematika berbantuan Sparkoll Videoscribe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan metode Borg & Gall (1983) yang disederhanakan menjadi 6 tahapan yaitu: Research and Information Colecting, Planning, Develop Preliminary form a Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing. Hasil Uji lapangan kepada 28 Siswa SMP didapatkan skor dengan nilai 3,3179 dan berada pada kategori Sangat Baik dengan rentang penilaian antara 1,00 – 4,00. Dapat disimpulkan bahwa Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkoll Videoscribe ini valid dan dapat digunakan sebagai media video pembelajaran.