Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Lingkaran Melalui Course Review Horay Kelas VIIIA SMP 4 Bae Tahun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Lingkaran melalui Course Review Horay (CRH) bagi peserta didik kelas VIIIA SMP 4 Bae semester 2 tahun 2020. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan mulai bulan Januari hingga Februari 2020. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA SMP 4 Bae semester 2 tahun 2020. Sumber data diambil dari peserta didik berupa pengamatan langsung oleh observer dan hasil penilaian harian. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan lembar observer dan deskripsi komparatif. Metode yang digunakan meliputi empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran CRH dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Lingkaran bagi peserta didik kelas VIIIA SMP 4 Bae semester 2 tahun 2020.