Penguatan dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Al Quran Melalui Training Metode Baca Tulis dan Menghafal Al Quran Yanbu’a Bagi Pengajar dan Santri

Abstract

Al-qur’an adalah sumber utama ajaran agama islam yang dijadikan pedoman dalam pendidikan agama Islam. Untuk itu pembelajaran al-Qur’an sangatlah penting dan menjadi dasar dalam pendidikan agama Islam. Pembelajaran al-Quran dengan menggunkan metode yang baik tentu akan dapat memberikan hasil yang baik pula dalam meningkatkan mutu generasi al-Qur’an serta pendidikan al-Qur’an. Pembelajaran al-Qur’an yang menggunakan metode yanbu'a bisa dijadikan solusi untuk mengatasi problem penuruan kualitas generasi al-Qur’an. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas data dilaksanakan dengan cara menerapkan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama: penambahan kegiatan sorogan metode yanbu'a yang membuat para santri dan tenaga pengajar semakin antusias; kedua: para santri dan tenaga pengajar setiap hari langsung mempraktikkan metode yanbu'a yang langusng diawasi oleh pemateri sehingga hasil evaluasi terdapat penguatan mengajar bagi para guru dan peningkatan mutu membaca al-Qur'an bagi para santri; ketiga: dengan adanya training ini yayasan ulumiyah al-makruf memiliki calon pengajar metode yanbu'a yang memadai sehingga tidak terjadi kekosongan pemateri dalam pembelajaran membaca alqur'an dengan metode yanbu'a.