Pengaruh Pemberdayaan Kinerja Fungsional Pustakawan Terhadap Kualitas Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan Daerah Kota Kediri)

Abstract

Perpustakaan memiliki peran yang penting dalam menunjang sebuah mutu pendidikan. Hal ini perlu di sadari bahwa dari tahun ke tahun terjadi penurunan dari segi sektor pendidikan. Dengan adanya pemberdayaan dalam tenaga fungsional pustakawan diharapkan dapat meningkatkan kualitas perpustakaan, dimana akan berimbas pada kualitas pendidikan karena dalam lembaga atau sekolah, perpustakaan merupakan salah satu faktor penunjang dalam aktifitas belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan membahas mengenai pemberdayaan kinerja dalam kegiatan fungsional pustakawan, dan beberapa faktor yang mempengaruhi pemberdayaan kinerja pustakawan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penghambat atau kendala pada kegiatan fungsional pustakawan dalam mengembangkan kualitas perpustakaan. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif yaitu melalui observasi dan wawancara, serta menggunakan studi literatur. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberdayaan kinerja pustakawan dengan kualitas perpustakaan di perpustakaan daerah kota kediri , dimana pustakawan dituntut untuk lebih professional, memiliki etos kerja yang tinggi, kompeten dalam bidangnya, serta adanya upaya-upaya perbaikan beberapa faktor penghambat.