Fungsi Pengawasan dalam Lembaga Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Guna Menciptakan Profesionalitas Kerja
Abstract
Pengawasan dalam lembaga pendidikan Islam merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas baik itu individu atau seluruh komponen yang terdapat dalam sebuah lembaga/ instansi yang terkait guna menciptakan suatu lembaga yang berkompeten dan berkualitas. Ada beberapa cara yang dapat kita tempuh guna menciptakan lembaga yang berkompeten yakni diantaranya adalah membentuk pribadi individu pekerja yang profesionalitas yaitu bisa melalui diklat atau training yang menunjang kemampuan tiap-tiap bagian individu tersebut, selain itu bisa dilakukan cara lain yaitu dengan cara pengawas menilai tiap individu yang ada dalam lembaga tersebut apakah performa kerjanya sudah cukup baik atau dirasa kurang baik jikalau kurang maka harus segera dilakukan evaluasi kerja supaya nantinya tidak berdampak kepada penilaian kepuasan konsumen. Di era industri 4.0 banyak sekali persaingan baik itu di dalam dunia kerja/ maupun antar lembaga pendidikan terlebih lagi dalam penggunaan media sosial maka dizaman yang saat ini serba menggunakan media elektronik kita harus menguasainya agar lembaga kita tidak kalah saing dengan lembaga yang lainnya, lembaga islam harus berinovasi seiring dengan perkembangan zaman supaya masih di minati oleh orang tua siswa karena pada saat ini lembaga pendidikan islam kadang dianngap remeh karena kadang lulusannya kurang bersaing ketika terjun disebuah masyarakat, ataupun program yang disuatu sekolah tersebut kurang menarik jikalau dibandingkan lembaga pendidikan yang lainnya. Maka disini penulis berupaya memberikan solusi terkait permasalahan diatas.