PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI MEMBACA ALQURAN
Abstract
Proses pembelajaran memberikan hasil yang lebih optimal, diperlukan metode pembelajaran yang tepat; efektif, efisien, dan menyenangkan. Metode pembelajaran tutor sebaya diharapkan dapat menjadi salah satu alternatifnya. Untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan minat, motivasi, dan hasil belajar peserta didik, khususnya pada kompetensi baca Alquran. Peneliti melakukan penelitian terhadap peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena diperlukan inovasi dan strategi pembelajaran yang tepat, efektif, efisien, dan fun. Pembelajaran dengan metode tutor sebaya adalah salah satu alternatif dalam upaya memperbaiki model atau metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam kompetensi membaca Alquran peserta didik. Pembelajaran dan treatment dianggap berhasil jika proses dan hasil pembelajaran mengalami peningkatan 50% atau lebih dari kondisi awal dan ketuntasan belajar mencapai 100%.