PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR PADA MATERI PENGERTIAN DAN PENYEBAB TAKABBUR DALAM MATA PELAJARAN PAI T.P 2015/2016

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan peserta didik yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang  memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosial-kultural, bahasa, usia, dan suku bangsa. Strategi pembelajaran yang terpusat pada peserta didik dan penciptaan suasana yang menyenangkan sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI. Dalam hal ini penulis memilih model “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Pengertian dan Penyebab Takabbur. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada materi Pengertian dan Penyebab Takabbur khususnya kelas IX1 pada SMP Negeri 17 Medan, sehingga pelajaran PAI menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning di kelas IX1 dalam mata pelajaran PAI melihat sejauh manakah pendekatan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas IX1.