PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELUARGA REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi terhadap Keluarga Etnis Banten di Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung Kota Medan)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga remaja putus sekolah etnis Banten di Kelurahan Indra Kasih Kecamatan Medan Tembung Kota Medan. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga bentuk pelaksa­naan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga remaja putus sekolah, yaitu Pendidikan Agama Islam dalam lingkup keluarga, Pendidikan Agama Islam di masyarakat, dan pendidikan pengendalian sosial oleh pe­mim­pin. Pendidikan Agama Islam dalam lingkup keluarga, yaitu pen­didikan akhlak, pendidikan taharah, pendidikan salat dan puasa, magrib mengaji, dan pendidikan karakter. Pendidikan Agama Islam di masya­rakat, yaitu ceramah agama, wirid Yasin dari rumah ke rumah remaja, dan pendidikan konseling remaja. Pendidikan pengendalian sosial oleh pemimpin, yaitu penyuluhan dampak penggunaan narkoba dan dampak pergaulan bebas terhadap remaja. Kesimpulan penelitian terkait ketiga bentuk Pendidikan Agama Islam dalam keluarga remaja putus sekolah telah terlaksana dengan baik, diprakarsai oleh keluarga, masyarakat, dan pemimpin.