METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AWLAD FIL ISLAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan anak dalam Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Awlad Fil Islam dan untuk mengetahui relevansinya dengan konteks pendidikan saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi pustaka dengan menggunakan sumber pokok kitab Tarbiyatul Awlad Fil Islam karangan Abdullah Nasih Ulwan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pendidikan anak menurut Abdullah Nasih Ulwan adalah melalui keteladanan, pembiasaan, pemberian nasehat, pengawasan dan pemberian hukuman. Sedangkan relevansinya terhadap pendidikan saat ini adalah kitab ini mendapat sambutan baik disertai pujian yang tulus dari para guru, ulama dan pendidik bahkan ada juga dari pakar-pakar, sastrawan dan para dai yang berkoresponden terhadap penulis. Selain itu setiap pembahasannya selalu didasarkan pada bukti atau dalil Alquran, Hadis maupun pendapat ulama. Kata Kunci: Metode, pendidikan, anak