STRATEGI PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DOSEN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN SUMATERA UTARA Oleh: Arlina, M.Pd

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pelaksanaan pembelajaran dosen PAI UIN Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan kualitatif naturalistik dengan sumber data dosen sebagai informan kunci yang mengajar di semester VI jurusan PAI tahun 2015 dan mahasiswa semester VI jurusan sebagai informan pendukung. Data penelitian ini berbentuk hasil pengamatan, wawancara dan studi dokumen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles dan Hubermen yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengecekan data dilakukan dengan teknik anggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga tahapan yang dilakukan dosen yaitu membuka, menyajikan dan menutup kegiatan pembelajaran. Dalam ketiga tahapan tersebut ada 7 temuan yaitu mengingat Allah, pembiasaan, melatih untuk mengingat, kecerdasan sosial, umpan balik, penguatan, jiwa kepemimpinan. Kegiatan yang termasuk dalam mengingat Allah adalah doa baik diawal perkulihan maupun diakhir perkulihan, membaca ayat setiap awal perkuliahan, membaca shalawat kepada Rasulullah. Pembiasaan mencakup pembiasaan membaca ayat diawal perkulihan sehingga terbiasa membaca Al Quran diluar perkuliahan, maka akan terbiasa membaca doa sebelum melakuka kegiatan, terbiasa menghapal ayat ayat yang ada di dalam Al Quran. Melatih untuk mengingat termasuk di dalamnya mengigat ayat yang pernah dibaca di dalam kelas diharapkan ayat tersebut tidak akan hilang dari ingatan mahasiswa. Kemudian kecerdasan sosial yang mencakup diskusi, toleransi terhadap otang lain, menghargai pendapat orang lain, dapat bekerja sama, melaksanakan kewajiban sesuai dengan job kerja dalam kelompok. Umpan balik hal ini terlihat dari tanya jawan mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen. Penguatan yang termasuk di dalamnya ceramah yang dilakukan dosen, dan pertanyaan yang diajukan dosen kepada mahasiswa. Ketujuh jiwa kepemimpinan ini terlihat dari pembagian kelompok, persentase makalah, pembagian tugas dalam kelompok, pembagian dalam menjawabpertanyaan ketika diskusi.