ADAB INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF ALQURAN SURAH AL-KAHFI AYAT 60-82
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang masalah adab interaksi pendidik dan peserta didik dalam perspektif Alquran surah al-Kahfi ayat 60-82 dan bertujuan untuk mengetahui adab interaksi pendidik dan peserta didik dalam kisah tersebut, beserta relevansinya dengan pendidikan sekarang.Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka (library research), dan penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik kepustakaan, serta teknik analisis datanya menggunakan metode contentanalysi suntuk menggali kandungan surah al-Kahfi ayat 60-82 secara deskriptif.Setelah dilakukan kajian yang mendalam, diketahui terdapat adab interaksi peserta didik terhadap pendidik dalam surah al-Kahfiayat 60-82 yaitu belajar dengan niat ibadah karena Allah Swt., kesungguhan dan semangat yang kuat dalam menuntut ilmu, jujur dan bertanggung jawab, memperlihatkan keseriusan dengan ungkapan sopan dan tawadhu’, memposisikandiri sebagai seseorangyang membutuhkan ilmu, menghormati pendidik, menepati kontrak belajar yang sudah disepakati.Kemudian terdapat adab interaksi pendidik dengan peserta didik, yaitu seorangpendidikmemiliki asisten, melakukantes minat dan bakat, melakukan kontrak belajar dengan peserta didik, memberikan hukuman kepada peserta didik sesuai dengan pelanggaran yang telah dilakukan, menjelaskan suatu pelajaran secara bertahap, dan menjelaskan hikmah (pengetahuan irfani) dibalik fakta atau fenomena (pengetahuan empiri). Selanjutnya terdapat relevansi hasil penelitiandengan pendidikan sekarang yaitu adanya komponen interaksi pendidikdanpeserta didik berupa tujuan pendidikan dan metode, ciri-ciri interaksi pendidik dan peserta didik, dan adanya pola interaksi antara pendidik dan peserta didik.Kata Kunci: Interaksi, pendidik, peserta didik, al-kahfi: 60-82