PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN PERSEPSI RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI KASUS DI BANK SYARIAH INDONESIA CABANG SEMARANG)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang). Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian lapangan (Field Reserch). Data penelitian yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunkan adalah purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Persepsi Religiusitas. Variabel dependen  dalam penelitian ini adalah Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah Indonesia. Jumlah sampel penelitian ini adalah 95 sampel. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan atau secara keseluruhan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat Menabung. Sedangkan secara persial variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan bernilai positif sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung (3,500) > ttabel (1,986). Variabel promosi bernilai positif sebesar dapat dilihat bahwa nilai signifikan 0,013 < 0,05 dan nilai thitung (2,530) > ttabel (1,986). Dan variabel religiusitas dapat dilihat bahwa nilai bernilai positif variabel sebesar 0,000<0,05 dan nilai thitung (4,032)>ttabel (1,986)