Kontribusi Perilaku Guru dan Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadits
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh perilaku guru terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas XI MAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021. (2) mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas XI MAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021. (3) mengetahui pengaruh perilaku guru dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas XI MAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah 93 siswa, data diambil melalui angket, wawancara,observasi dan dokumentasi nilai Al-Qur’an Hadits semester Genap tahun 2020/2021. Penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian (1). Pengaruh perilaku guru terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas XI MAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021 setelah diselesaikan dengan rumus product moment nilai rxy = 0,450, dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% N = 93 rtabel = 0,207 dan taraf signifikan 1% N = 93 rtabel = 0,270. Hipotesis ada pengaruh positif perilaku guru terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI MAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021 diterima kebenarannya atau teruji. (2). Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas XI MAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021 setelah diselesaikan dengan rumus product moment nilai akhir rXY = 0,265, apabila dikonsultasikan dengan rtabel taraf signifikan 5% N = 93 rtabel = 0,202 dan apabila dikonsultasikan dengan rtabel taraf signifikan 1% N = 93 rtabel = 0,263. Hipotesis ada pengaruh yang positif metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI MAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021 diterima kebenarannya atau teruji. (3). Pengaruh perilaku guru dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas XI MAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021 setelah diselesaikan rumus product moment nilai akhir rXY = 0,414, dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% N = 93 rtabel = 0,202 dan apabila dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 1% N = 93 rtabel = 0,263. Berdasarkan hipotesis ada pengaruh yang positif perilaku guru dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits Siswa kelas XI MAN 3 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021 diterima kebenarannya atau teruji, sebab nilai rxy > rtabel, baik 5% maupun 1%.