Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, serta pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 378 siswa. Sampel penelitian ini adalah 194 siswa MTs Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021 dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yakni angket (kuesioner) dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bawa pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021 terbukti berpengaruh secara signifikan positif. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021 terbukti berpengaruh secara signifikan positif. Pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021 terbukti berpengaruh secara signifikan.