Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa

Abstract

Kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat diperlukan karena bukan hanya untuk menjaga kondisi suasana belajar dan mengajar dengan lancar tetapi juga untuk menciptakan pribadi yang kuat bagi setiap siswa. Banyak faktor yang mampu mempengaruh pembentukan kedisiplinan belajar siswa seperti fasilitas belajar yang ada di sekolah maupun motivasi belajar siswa itu sendiri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajarĀ  terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Sragen tahun pelajaran 2020/2021 secara parsial dan simultan. Penelitian merupakan penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Sragen sebanyak 131 siswa, sampel diambil sebanyak 35 siswa diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah diuji kevalidan dan kereliabelannya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan analisis asumsi klasik. Hasil penelitian ditemukan: (1) Ada pengaruh positif signifikan fasilitas belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa, sehingga dapat diartikan bahwa semakin lengkap dan terkelola dengan baik fasilitas belajar maka semakin meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar, (2) ada pengaruh positif signifikan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa, sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi motivasi siswa dalam belajar maka semakin meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dan (3)Ada pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa, sehingga dapat diartikan bahwa semakin lengkap dan terkelola dengan baik fasilitas belajar didukung dengan semakin tinggi motivasi belajar maka semakin meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar. Dari hasil tersebut maka dapat disarankan guru bekerjasama dengan semua stakeholder berperan serta dalam membantu siswa untuk menyadari perlunya berdisiplin dalam belajar. Diharapkan guru dapat melakukan pembelajaran yang kreatif dan menarik sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar. Penciptaan ruang kelas yang kondusif serta nyaman untuk belajar mamapu membantu meningkatkan motivasi dan kedisiplinan siswa dalam belajar. Pihak sekolah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan melengkapi fasilitas belajar siswa agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara kondusif yang mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan mendukung kedisiplinan belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai secara maksimal.