Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kecerdasan emosional siswa kelas VIII MTsN Filial Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Minat belajar siswa kelas VIII MTsN Filial Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTsN Filial Kartasura Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di MTsN Filial Kartasura dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosional dan variabel minat belajar terhadap variabel prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas VIII. Populasi penelitian sebanyak 60 siswa dengan menggunakan random sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan korelasi dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan emosional siswa MTsN Filial Kartasura cukup baik tetapi tidak berpengaruh pada prestasi belajar Al-Qur’an Hadis, 2) Minat belajar Al-Qur’an Hadis siswa MTsN Filial Kartasura berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis, 3) Ada pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadis siswa MTsN Filial Kartasura. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar AL-Qur’an Hadis siswa kelas VIII MTsN Filial Kartasura Sukoharjo.