MENINGKATKAN READING COMPREHENSION BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN ORGANIZING CLASSROOM PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 MARGOMULYO BOJONEGORO

Abstract

Sekitar 15 persen dari bermacam-macam siswa dalam pencapaian reading pada akhir tahun pelajaran di pengaruhi beberapa faktor yang berhubungan dengan ketrampilan dan keefektifan guru. Pengajaran reading yang begitu kompleks membuat semua mustahil, untuk itu penulis menggunakan organisasi classroom untuk meningkatkan pemahaman reading comprehension pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Margomulyo Bojonegoro. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Margomulyo Bojonegoro. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Dalam pelaksanaannya seorang bertindak sebagai pengelola kelas, sedang 2 guru yang lain sebagai pengamat penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Dari hasil test tahap I di atas, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman reading yang melalui pembelajaran klasikal dari 44 siswa tingkat pemahaman madingnya hanya mencapai 24,6%, jadi berarti tingkat pemahaman siswa masih sangat rendah sekali. Untuk itulah maka perlu di adakannya perbaikan lagi agar lebih baik. Dari hasil test tahap, II tersebut dapat dilihat bahwa tingkat pemahaman reading setelah melalui pembelajaran dengan Organizing Classroom mencapai 50 %. Ini berarti sudah ada peningaktan dari pada hasil pemahaman tahap I. Berdasarkan hasil test tahap III tersebut dapat dilihat bahwa tingkat emahaman reading melalui organizing classroom meningkat lagi menjadi 70%.