PENGARUH MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV

Abstract

Abstrak_______________________________________________________________Pendidikan matematika merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir logis, serta dapat menyelesaikan masalah baik masalah dalam disiplin ilmu atau masalah dalam kehidupan sehari-hari. Maka penentuan model pembelajaran yang menarik sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika untuk memperbaiki pemahaman konsep dan menarik perhatian siswa, karena pada umumnya tidak semua peserta didik dapat memahami konsep dan kurangnya minat yang dimiliki peserta didik sehingga berpengaruh pada hasil akhir pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa yaitu dengan penggunaan model pembelajaran Example non Example untuk mata pelajaran matematika materi bangun datar. Model pembelajaran ini tidak hanya menggunakan gambar-gambar untuk menyampaikan penjelasan materi yang akan diajarkan tetapi mengetahui dan menghafal konsep-konsep atau rumus-rumus tetapi juga dibutuhkan suatu pemahaman serta kemampuan untuk menyelesaikan persoalan matematika dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil data yang telah dicapai persiklusnya mengalami peningkatan perbaikkan pembelajaran dimana pada pra siklus 43,3%, siklus I meningkat sebesar 86,6% ini sudah dikatakan tuntas karena pembelajaran dikatakan tuntas apabila secara klasikal siswa yang mendapat nilai 7 keatas mencapai 85 %, maka model Example Non Example pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar matematika IV di  SD.