APLIKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI UPAYA PENGENALAN BANGUN RUANG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat penting khususnya dalam bidang pendidikan untuk melakukan hal-hal baru yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penggunaan aplikasi berbasis Augmented Reality sebagai upaya pengenalan bangun ruang bagi siswa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari metode wawancara, observasi dokumentasi dan studi pustaka. Dipandang dari aspek kognitif, siswa merasa kesulitan dalam memahami objek bangun ruang 3D, karena tanpa alat peraga mereka hanya mampu membayangkan saja atau mengimajinasikan sendiri obyek bangun ruang 3D tersebut. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu aplikasi Bangun Ruang AR yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sehingga bangun ruang dapat divisualisasikan secara nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Bangun Ruang AR dapat membantu siswa untuk memahami konsep bangun ruang dan meningkatkan motivasi belajar siswa karena dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Selain itu, dengan pengenalan aplikasi Bangun Ruang AR ini diharapkan dapat menjadi alat bantu bagi para guru dalam menyampaikan materi bangun ruang 3D pada pembelajaran matematika di SD. Kata Kunci: Alat bantu pembelajaran, Augmented Reality, Bangun ruang