Penerapan Media Kantong Ajaib Doraemon Untuk Meningkatkan Kompetensi Mengenal Sila-Sila Dan Lambang Pancasila Pada Siswa SD Kelas I

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas I SDN Gabahan Semarang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran, diantaranya keterampilan guru rendah, aktivitas siswa rendah, dan hasil belajar siswa kompetensi mengenal sila-sila dan lambang Pancasila juga rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan penggunaan alat peraga kantong ajaib doraemon dalam kompetensi mengenal sila-sila dan lambang Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan kantong ajaib doraemon.Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing- masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas I SDN Gabahan Semarang. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar. Simpulan penelitian ini adalah penerapan kantong ajaib doraemon dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kompetensi mengenal sila-sila dan lambang Pancasila kelas I SDN Gabahan Semarang.