IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SDUT BUMI KARTINI JEPARA
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan sangat dibutuhkan oleh siswa. Oleh karena itu meskipun dalam masa pandemi yang disebabkan oleh wabah Covid-19 seperti sekarang ini, pendidikan karakter harus tetap diberikan kepada siswa. Sehubungan dengan diberlakukannya Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama masa pandemi akibat Covid-19, mengisyaratkan pelaksanaan pembelajaran yang mengkolaborasikan peran orang tua dan guru demi keberhasilan belajar anak. Penerapan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring yang merupakan hal baru ini ‘memaksa’ guru untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran jarak jauh berbasis pendidikan karakter di SDUT Bumi Kartini Jepara dilakukan melalui beberapa cara seperti: a) Menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua; b) Mengintegrasikan muatan pendidikan karakter pada penugasan mata pelajaran; c) Mengadakan program penguatan pendidikan karakter setiap satu bulan sekali; d) Memberikan jadwal aktivitas serta jadwal pembelajaran yang harus dilakukan oleh siswa dan dipantau tiap harinya. Melalui cara tersebut, pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring tetap dapat menumbuh-kembangkan karakter anak seperti mandiri, disiplin, tanggungjawab, jujur, peduli dan religius. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Jarak Jauh, Masa Pandemi